iklan

Polisi Temukan 6,7 Kg Sabu Ditanam di Kolong Rumah Warga Selayar

Minggu, 21 Juli 2024 | 06:55 WIB Last Updated 2024-07-23T05:27:23Z


MEDIA SELAYAR.
Satuan Narkoba (Satnarkoba) Polres Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan berhasil mengungkap 6,7 Kilogram (kg) narkoba jenis sabu yang ditanam di kolong rumah warga di Kabupaten Kepulauan Selayar. 

Pengungkapan barang haram tersebut bermula saat polisi menangkap seorang pemuda berinisial MRC (22), di rumahnya di Jalan Tidung, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, pada tanggal 13 Juli 2024 kemarin.

“Dari tangan MRC disita barang bukti sabu sebanyak 2,36 gram,” ungkap Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Restu Wijayanto, saat merilis kasus tersebut di kantornya, Sabtu (20/7/2024) malam, dikutip dari beritasulsel.com.

Setelah menangkap MRC, keesokan harinya di lokasi yang sama, polisi berhasil mengamankan rekan MRC, seorang pria berinisial IN (27).

“Dari tangan IN disita lagi barang bukti berupa sabu sebanyak 24,59 gram,” ucap Restu Wijayanto. 

Polisi terus mengembangkan kasus tersebut dan berhasil mengamankan lagi seorang pensiunan PNS berinisial PN (55) di Kampung Bandan, Jakarta Utara, kemudian digelandang ke Mapolres Pelabuhan Makassar.

PN mengaku kepada Polisi bahwa ada juga rekannya seorang perempuan berinisial HI (46), yang ia temani menjalankan bisnis haram itu. Polisi pun langsung bergerak mengamankan HI di Jalan Karunrung Asri, Kota Makassar.

“Saat diinterogasi, keduanya (PN dan HI) mengaku masih menyimpan sabu sebanyak 14 kaleng yang ditanam ke dalam tanah di Selayar,” jelas Restu.

Polisi kemudian bergegas ke Kepulauan Selayar dan berhasil menemukan barang haram tersebut tertanam di kolong rumah milik HI.

Setelah diusut ternyata para pelaku ini adalah jaringan internasional yang dikendalikan oleh warga negara asing (WNA) berinisial D.

Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Restu Wijayanto mengaku masih memburu WNA tersebut yang diketahui tidak berdomisili di Indonesia.

Perjalanan barang haram tersebut masuk ke Indonesia melalui Jakarta, kemudian dijemput oleh HI lalu dibawa ke Kepulauan Selayar. 

Diperkirakan sebanyak 20 kaleng, masing-masing kaleng berisi 500 gram atau total 10 kg. Polisi memperkirakan, sabu tersebut telah laku terjual sebanyak 6 kaleng, jadi tersisa 14 kaleng.

Total keseluruhan barang bukti yang telah diamankan pada pengungkapan kasus tersebut adalah 6.796 gram atau 6,7 kilogram.

Saat ini, para pelaku berikut barang buktinya telah diamankan di Mapolres Pelabuhan Makassar. Akibat perbuatannya, mereka terancam pidana penjara minimal 6 tahun dan maksimal 20 tahun atau seumur hidup dan/atau pidana mati. (*). 

Selayar


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polisi Temukan 6,7 Kg Sabu Ditanam di Kolong Rumah Warga Selayar

Trending Now

Iklan